oleh

Wakil Bupati Gayo Lues Tinjau Proses Pengolahan Sampah Menjadi Energi Listrik dan Bahan Bakar

 

Blangpegayon- Wakil Bupati Gayo Lues,H.Said Sani meninjau langsung alat dan proses pengolahan sampah menjadi energi listrik dan bahan bakar. Kunjungan ini bertempat di SMA Negeri Seribu Bukit Kecamatan Blangpegayon, pada Kamis (22/02/2019).

Dalam kunjungan tersebut Wakil Bupati ditemani oleh Tim Toyota Eco Youth Ke-11 dari Jakarta, Kadis Pendidikan, Kepala sekolah, dan Para Dewan Guru serta para Siswa. Kegiatan ini merupakan presentasi proposal penelitian dua siswa SMA Negeri Seribu Bukit, yang merupakan peserta kompetisi Toyota Eco Youth Ke-11 yang saat ini sudah masuk 25 besar di Tingkat Nasional. Wabup tampak senang dan bangga dengan prestasi tersebut. Wabup beserta rombongan meninjau dan menyaksikan langsung proses pengolahan sampah plastik menjadi energi listrik dan bahan bakar.
“Ini merupakan terobosan yang sangat bagus dan sangat ramah lingkungan serta perlu dikembangkan. Setelah melihat proses pengolahan ini kami semakin bangga dengan anak kami ini. Namun kami berharap dalam melakukan pengolahan agar dilakukan dengan hati hati dan alat yang digunakan juga tidak membahayakan, serta utamakan keselamatan diri” ujar Wabup

Dikesempatan yang sama, Andi Syahputra dan Nurul Maulina, dua siswa peserta kompetisi Toyota Eco Youth Ke-11 tersebut, menjelaskan dan memperaktekkan langsung proses pengolahan sampah menjadi energi listrik dan bahan bakar tersebut.
“Dalam 1 kg sampah plastik setelah diuji coba dapat menghasilkan 1 kg Gas dan 1 liter minyak tanpa ada limbah dan ampas. Dan bahan bakar yang dihasilkan ini sudah bisa menghidupkan mesin babat rumput, dan mesin lainnya. Begitu juga dengan gas yang dihasilkan dapat menghidupkan sepeda motor yang sudah dimodifikasi berbahan bakar gas. Dan ini semua sudah kami uji coba dan Alhamdulillah berhasil” kata Andi.

Proses pengolahan sampah menjadi bahan bakar dan energi listrik ini, memang masih memakai alat yang cukup sederhana dan masih dengan sistem penyulingan manual. Sehingga hasilnya juga belum maksimal. Namun Wabup dan rombongan sangat terkesan ketika mesin dan sepeda motor bisa dinyalakan dengan bahan bakar hasil pengolahan sampah tersebut. (ABDIANSYAH)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed