oleh

Wakil Bupati Gayo Lues Buka Seminar Ekonomi Pedesaan Pemanfaatn Hasil Hutan

 

BLANGKEJEREN – Wakil Bupati Gayo Lues H Said Sani, berharap pemanfaatan hasil hutan bisa dilakukan secara kreatif dan efektif sehingga dapat menjaga kelestariannya.

Hal itu dikatakan Said dalam sambutannya saat membuka Seminar Nasional Ekonomi Pedesaan Dalam Pemanfaatan Potensi Hasil Hutan dan Furniture, Industri Kecil Menengah, yang berlangsung di Gedung Bale Musara, Kamis (28/3/2019).

Menurut Said, ancaman tergerusnya hutan merupakan persoalan serius dan harus diantisipasi sedini mungkin dengan beragam upaya pelestariannya.”Karena kayu yang dimanfaatkan secara masif akan habis. Di sisi lain, upaya penanaman kembali membutuhkan proses yang lama,” katanya.

Untuk itu, kata Said Sani harus ada keseimbangan pemanfaatan hasil hutan dengan pelestariannya, tentu dengan seminar ini masyarakat dengan membentuk BUMK bila digunakan secara efektivitas bisa menjadi pendorong peningkatan perekonomian masyarakat tanpa harus merusak hutan.

Apalagi sambung Said Sani, Gayo Lues memiliki potensi alam yang dapat diolah dengan baik. Tentunya, ini merupakan suatu rahmat yang luar biasa bagi Negeri Seribu Hafiz ini.

Selanjutnya, perwakilan dari Dirjen Perindustrian , Kasubbid Perindustrian Kayu Rotan pada Kementerian Perindustrian RI, Mediarman, menyampaikan industri hasil hutan seperti Kayu dan Rotan merupakan industri yang dapat dikembangkan di Gayo Lues yang memiliki sumber daya alam melimpah.

Seminar ini dilaksanakan oleh Dinas Perindustrian dan Sumber Daya Mineral Gayo Lues, dengan melibatkan 400 peserta terdiri dari unsur Pemerintah Daerah, Perbankan, pimpinan perusahaan, pimpinan industri, unsur kecamatan, Pengulu, LSM dan para pengrajin kayu.

Kegiatan berakhir dengan pemberian cinderamata oleh Wabup Gayo Lues Said Sani kepada perwakilan Kementerian Perindustrian yang hadir dalam seminar ini. (ABDIANSYAH)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed