VISI DAN MISI

VISI

Guna memberikan perspektif yang seragam, maka pengertian Visi yang digunakan dalam RPJMK Gayo Lues Tahun 2017-2022 ini adalah gambaran atau harapan yang diinginkan oleh Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Gayo Lues periode 2017-2022 untuk masa lima tahun ke depan. Gambaran tersebut akan lebih baik dari kondisi yang ada pada saat ini. Berpijak dari pengertian visi ini, maka Visi Kabupaten Gayo Lues untuk periode 2017-2022 adalah sebagai berikut:

”TERWUJUDNYA GAYO LUES YANG ISLAMI, MANDIRI, DAN SEJAHTERA”

Sebagaimana lazimnya sebuah Visi, maka visi ini juga akan menjadi dasar pemanfaatan sumber daya pembangunan untuk mewujudkan masyarakat Gayo Lues yang Islami, Mandiri dan Sejahtera. Visi ini akan menjadi pemersatu tujuan, arah dan sasaran pembangunan oleh seluruh komponen masyarakat Kabupaten Gayo Lues, dengan landasan visi ini juga akan dikembangkan budaya pemerintahan (government culture) yang berorientasi kinerja. Selain itu, visi ini juga akan berfungsi sebagai jembatan untuk mentransformasikan keadaan sekarang ke keadaan 5 (lima) tahun mendatang.

Mengingat sedemikian strategisnya makna dan fungsi dari Visi tersebut, maka perlu dibangun kesamaan pemahaman tentang makna kata demi kata yang ada dalam visi Bupati dan Wakil Bupati Gayo Lues 2017-2022. Penjelasan Visi Pemerintah Kabupaten Gayo Lues ini adalah sebagai berikut :

Islami : merupakan suatu kondisi, akhlaq dan perilaku masyarakat Gayo Lues yang dalam menjalankan seluruh aspek kehidupannya berlandaskan nilai-nilai dan norma ajaran

Mandiri : adalah kemampuan mengelola  potensi sumber daya alam sesuai keunggulan geostrategis melalui peningkatan kualitas SDM, efesiensi dan efektifitas anggaran, serta penguasaan teknologi informasi untuk kesejahteraan masyarakat Gayo Lues.

Sejahtera : adalah kondisi terpenuhinya kebutuhan jasmaniah dan rohaniah (fisik, mental, spritual dan emosional) yang dirasakan oleh seluruh masyarakat Kabupaten Gayo Lues dalam berbagai aspek kehidupan, baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat.

Ketiga kata kunci dari pernyataan visi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Gayo Lues periode 2017 – 2022 ini adalah sebuah satu kesatuan yang harus dipahami dan dimaknai secara utuh. Dengan demikian, Gayo Lues yang akan diwujudkan pada akhir periode ini merupakan Gayo Lues islami yang mandiri dengan kemandirian yang sejahtera, atau dapat pula dimaknai sebagai sebuah kesejahteraan masyarakat Gayo Lues yang islami dan mandiri.

 

MISI

Untuk mewujudkan Visi Kabupaten Gayo Lues lima tahun ke depan, maka langkah selanjutnya adalah merumuskan tindakan-tindakan strategis yang harus dilaksanakan. Tindakan-tindakan strategis yang akan diemban sebagai amanah oleh Bupati, Wakil Bupati, segenap aparatur pemerintahan dan stakeholder pembangunan  Kabupaten Gayo Lues lima tahun ke depan diistilahkan dengan Misi. Misi yang ingin dicapai berdasarkan Visi di atas adalah sebagai berikut:

1.  Meningkatkan penerapan Syari’at Islam dan nilai budaya Gayo Lues yang Islami di semua aspek kehidupan masyarakat.

Maksud dari Misi ini adalah membangun masyarakat Gayo Lues yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, beretika dan berkarakter, dengan mengangkat kembali budaya daerah yang bernafaskan Islami dalam upaya pengembalian harkat dan martabat masyarakat, serta mengimplementasikan budaya Gayo Lues dan nilai-nilai Syariat Islam dalam tatanan pemerintahan dan kehidupan bermasyarakat secara efektif.

2.  Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang terampil, mandiri dan partisipatif dalam pembangunan

Maksud dari Misi ini merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Gayo Lues dalam membangun sumber daya manusia yang sehat dan cerdas, yang pada gilirannya akan menjadi manusia yang produktif, kompetitif, partisipatif, terampil, dan mandiri.

3Meningkatkan kesejahteraan masyarakat Gayo Lues melalui pemberdayaan dan pemerataan ekonomi dengan mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan

Maksud dari Misi ini adalah untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat dengan menumbuhkembangkan potensi-potensi daerah yang bernilai ekonomis dan mempunyai keunggulan kompetitif dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

4.  Mewujudkan tata pemerintahan yang responsif dan akuntabel melalui penguatan kelembagaan pemerintah yang bersih, sederhana dan berwibawa

Maksud dari Misi ini adalah mewujudkan 9 aspek pundamental dalam good gavernance dengan melibatkan seluruh stake holder. Hal ini tidak hanya terbatas pada proses dan prosedur, tetapi juga diperlukan reformasi birokrasi secara total, diantaranya membangun kultur baru, memperkuat komitmen, pelurusan orientasi, rasionalisasi program, memperkuat payung hukum, serta peningkatan kualitas sumber daya aparatur. Disamping itu juga diperlukan komitmen dan keteladanan elit politik di daerah dan pengawasan masyarakat sehingga akan memunculkan sistim pemerintahan yang amanah, bersih dan bebas KKN.

5.  Mewujudkan Implementasi UUPA dan perjanjian damai Mou Helsinki sesuai dengan situasi dan potensi daerah

Maksud dari Misi ini adalah menjaga perdamaian abadi di Kabupaten Gayo Lues sebagai bagian dari Aceh sesuai perjanjian damai Mou Helsinki.