oleh

Peninjauan Kembali Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Gayo Lues

Diskusi Peninjauan Kembali Penataan Ruang Wilayah Kabupaten Gayo Lues, di Ofroom Setdakab Gayo Lues, Senin (17/12/2018).

BLANGKEJEREN – Penataan Ruang harus memahami kondisi lapangan, kondisi masyarakat dan lingkungan alam sekitar. Tentu keselarasan ini harus menjadi perhatian antara alam dan kehidupan masyarakat.

Demikian disebutkan Bupati Gayo Lues H Muhammad Amru, pada diskusi Peninjauan Kembali Penataan Ruang Wilayah Kabupaten Gayo Lues, di Ofroom Setdakab Gayo Lues, Senin (17/12/2018).

Selain itu, indikator kepemilikan tanah yang diterapkan belum berpihak kepada masyarakat, sehingga maensate daerah miskin masih saja melekat dalam kehidupan masyarakat Gayo Lues.” Kegiatan ini jangan hanya sekedar diskusi saja, tapi harapan saya ada kelanjutan tindakan hingga selesai,” kata Bupati, seraya menambahkan biar lambat asal sempurna.

Menjawab hal ini, Prof DR Ir. Abu Bakar Karim selaku Wakil Penanggung Jawab kegiatan dari PUPR Provinsi Aceh, menjelaskan kembali akan meninjau pelaksanaan tata ruang wilayah Gayo Lues, baik untuk penantaan kota hingga penataan ruang wilayah hutan TNGL dan wilayah dataran tinggi Gayo Alas.

“Akan kita selaraskan mengenai pemanfaatan ruang, pencapaian kelestarian lingkungan pemukiman dan kegiatan kota serta lingkungan,” ujar Bakar, menambahkan nantinya akan terwujud Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Gayo Lues yang berkualitas.

Dampak dari peninjauan itu kata Bakar,  adanya perubahan di bidang bidang tertentu dalam ruang lingkup penataan ruang baik di wilayah kota ataupun wilayah lingkungan hidup lainnya. Mungkin penyelesaian kegiatan ini tidak dapat terlaksana secepat mungkin, “sebab harus adanya peninjauan langsung di lapangan, seberapa luas ruang tersebut dan seberapa banyak masyarakat yang memanfaatkan ruang itu, tentunya ini butuh waktu.” Jelas Bakar.

Kepala PUPR Gayo Lues Mansyur ST, menjelaskan setiap lima tahun sekali butuh peninjauan kembali soal tata ruang, sehingga akan menyempurnakan Rencana Tata Ruang Wilayah yang lebih baik.

Humas Setdakab

Liputan : Harini Kartini Nasri

Editor : Abdiansyah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed