oleh

Bupati Gayo Lues Buka Workshop Lokakarya Penguatan Festival Dalam Platforfm Indonesiana

GAYO LUES –  Bupati Gayo Lues H. Muhammad Amru menghadiri kegiatan Workshop Lokakarya Penguatan Kapasitas Penyelenggaraan Festival Dalam Platforfm Indonesiana, di Aula Deans Centre, Raklunung-Blangkejeren, Senin (30/7).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dirjen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  dengan menggandeng  sebuah organisasi ternama Indonesiana bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Gayo Lues.

Kepala Dinas Pariwisata Gayo Lues, Syafruddin, Melaporkan, “Indonesiana” merupakan sebuah organisasi yang membantu perkembangan budaya yang ada di Indonesia, Tim Indonesiana dibentuk oleh Dirjen Kebudayaan.

Dikatakan Syafruddin,  Workshop Ini Berlangsung Selama 3 Hari  Dengan Melibatkan Seluruh SKPK.

Selanjutnya, Bupati Gayo Lues H.Muhammad Amru, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kementerian Kebudayaan Yang Sudah Mengirim Tim Indonesiana Ke Gayo Lues untuk menyelenggarakan Festival Kebudayaan.

“Selamat Datang Tim Indonesiana, Mohon memahami segala kondisi gayo lues. dan terimakasih telah memilih kabupaten gayo lues sebagai tempat penyelenggaraan festival kebudayaan.  padahal sangat banyak kebudayaan yang ada di Indonesia, namun Tim Indonesiana lebih memilih mengembangkan budaya Gayo Lues Yaitu Saman.” Kata Bupati.

Dikatakannya, tari saman saat ini sudah menjadi milik dunia, namun hingga saat ini belum mendapatkan sentuhan untuk membangun impian sebuah museum saman.

Senada dengan hal itu Tim Indonesiana yang diwakili oleh Dede dalam laporannya menyampaikan, kegiatan kali ini adalah  Workshop Indonesiana Ke-5. Harapannya,  agar Indonesiana bisa menjadi mediator Antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Dengan Pemerintah Daerah.  mengingat banyaknya budaya di indonesia, terutama di Gayo Lues banyak sekali unit budaya yang bisa dikembangkan. Dan saman bisa menjadi tombol untuk memulai semua budaya di Gayo Lues.

Sasarannya yakni bagaimana tata kelola terhadap budaya tersebut, dan tidak hanya pemerintah daerah  yang ikut mengelola namun ada organisasi yangg ikut membantu mengembangkan kemajuan kebudayaan di Gayo Lues. Dalam aspek gotong royong, untuk memajukan kebudayaan Indonesia.

Menurut rencana bahwa Festival yang akan dilaksanakan oleh Indonesiana tersebut rencananya akan dibuka oleh Presiden Republik Indonesia. Sementara waktu dan lokasi pelaksanaan festival tersebut belum ditetapkan. (ABDIANSYAH – KOMINFO)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed